Pemakaian Kondom Kurang Diminati di Jatirogo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sosialisasi penggunaan kondom perlu digencarkan agar makin populer di masyarakat Jatirogo, Kabupaten Tuban sebagai upaya mencegah penyebaran HIV.

Penyuluh Keluaraga Berencana (KB) Kecamatan Jatirogo memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan kebijakan wajib mengenakan kondom bagi segala aktivitas biologis. Karena masih banyak temuan yang enggan menggunakannya saat melakukan aktivitas seks.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, peserta Komulatif KB pemakai kondom sampai dengan bulan September terdapat 19 pengguna.

“Data itu dari dua tempat yaitu Puskesmas Jatirogo dan Kebunharjo,” ujar Penyuluh KB Kecamatan Jatirogo, bu Sus.

Kampanye mengenai hal itu sudah dilakukan oleh penyuluh KB di berbagai tempat dan komunitas. Namun, tetap saja menunjukan angka yang masih sedikit. Hingga bulan September, peserta aktif KB pemakai kondom hanya berjumlah 52 pengguna.

“Peserta KB baru pada bulan September yang pakai kondom nihil alias nol,” pungkasnya.

Berikut data pengguna akseptor KB jenis kondom di Kecamatan Jatirogo di bulan September. Peserta KB Baru pemakai kondom berjumlah 0, Komulatif KB Baru pemakai kondom berjumlah 19, dan peserta KB aktif pemakai kondom berjumlah 52.[rof/ito]