Perangkat Desa Ikuti Pembinaan Pengelolaan Dana

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Puluhan perangkat dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) desa se-Kecamatan Senori mengikuti pembinaan administrasi keuangan desa di Kantor Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Kamis (22/9/2016).

Setiap desa diwakili lima orang yang terdiri dari Kepala desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, dan dua orang TPK. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi, kemudian dilanjut dengan sharing terkait permasalahan desa masing-masing yang belum bisa dipecahkan.

Menurut Camat Senori, Eko Julianto, kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 10.00 WIB hingga Pukul 15.30 WIB, tujuannya agar seluruh desa yang ada di Kecamatan Senori administrasinya benar sesuai peraturan perundang-undangan.

“Secara fisik program desa cukup bagus, namun untuk perencanaan, pengelolaan serta pelaporan perlu pembenahan-pembenahan,” kata mantan Sekcam Tuban Kota itu, Kamis (22/9/2016).

Lebih lanjut orang nomor satu di Kecamatan Senori itu menambahkan, kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan administrasi pengelolaan keuangan desa. Sehingga, nantinya tidak ada kesalahan administrasi yang berujung ke persoalan hukum.

“Para peserta juga diberi kesempatan untuk menelaah administrasi masing-masing, apabila ditemukan kesulitan langsung dipecahkan bersama,” imbuh camat kelahiran Jombang itu.

Seperti halnya yang disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Banyuurip, Abdul Haris kepada blokTuban.com, Kamis (22/9/2016). Menurutnya, kegiatan siang ini sangat membantu sekali, pasalnya ketika di awal pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) pihaknya masih kesulitan.

“Jadi, masalah-masalah yang masih kurang jelas bisa terpecahkan,” ujarnya.

Masih kata Haris, sapaan akrabnya, jika di awal tahun 2015 masih banyak kekeliruan seiring berjalannya waktu semua bisa teratasi. Dengan pendampingan secara terus menerus harapannya tahun ini maupun tahun depan penerapan dan penyusunan anggaran lebih baik lagi. [rof/col]