Kampung Sapi Jadi Edukasi Mahasiswa Peternakan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Selain menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat setempat, Kampung Sapi di Desa Dasin Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban juga menjadi tempat pembelajaran (Edukasi) bagi mahasiswa.

Sejak berdirinya kampung Sapi, desa dasin kerap kali dijadikan mahasiswa untuk mengaplikasikan tridharma perguruan tinggi, yakni di bidang pengabdian masyarakat.

Ketua Kelompok kampung Sapi, Zubaedi mengatakan, keberadaan kampung sapi memang menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Peternakan. Mungkin, bagi masyarakat Desa sendiri hanya mendapatkan nilai ekonomis, tapi bagi mahasiswa terdapat nilai edukasinya.

"Kampung sapi ini juga jadi edukasi bagi mahasiswa Peternakan," ujar Baedi sapaan akrabnya kepada blokTuban.com.

Pria yang juga sebagai Ketua RT itu menjelaskan, selama ini mahasiswa yang sering menjadikan kampung sapi untuk tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah Mahasiswa Peternakan Universal ternama di Jogjakarta.

Masih katanya, Zubaidi menerangkan, mahasiswa yang KKN di Kampung sapi ini belajar bagaimana membuat pakan sapi, perkembangan populasi dan juga tentang kesehatan sapi.

"Banyak Mahasiswa Peternakan yang belajar di Kampung sapi, justru kita senang jika Kampung Sapi menjadi tempat untuk Pembelajaran," pungkasnya.[nok/ito]