Petani Kedungjambe Kembangkan Tanaman Lengkuas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Salah satu petani di Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban mencoba mengembangkan tanaman lengkuas (Laos). Tanaman untuk bahan kebutuhan rumah tangga tersebut ditanam di ladang seluas 1500 meter persegi.

Ide ini muncul setelah di wilayah Kecamatan Singgahan khususnya, sedikit petani yang mengembangkan tanaman jenis umbi-umbian tersebut, kebanyakan mereka hanya menanam untuk keperluan pribadi dalam rumah tangga.

"Saya melihat di Singgahan ini para petani hanya menanam untuk keperluan sendiri, sehingga belum ada yang mengembangkan jenis tanaman ini untuk dijual," ujar Muttaqin kepada blokTuban.com, Jumat (9/9/2016).

Dengan cara penanaman yang sesuai dengan perkebunan tersebut, Muttaqin menanami ladang miliknya dengan tanaman lengkuas, karena menurutnya, lengkuas selain digunakan untuk kebutuhan memasak juga dapat dipergunakan sebagai obat, sehingga untuk pemasaran sendiri tidak terlalu sulit.

Muttaqin menjelaskan, tanaman lengkuas bisa dipanen dengan umur enam sampai delapan bulan dan sebelumnya ia pernah menjual hasilnya meskipun panen pertama belum maksimal. "Para tengkulak membeli dari petani langsung dengan harga 4000 hingga 5000 perkilogram," katanya. [hud/rom]