Ada 1300 Ekor Sapi Milik Warga di Kampung Sapi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kampung Sapi di Desa Dasin, Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban memang menjadi potensi bagi masyarakat desa setempat.

Pasalnya, seluruh warga yang memiliki hewan sapi menempatkannya didalam suatu tempat layaknya Perkampungan bagi hewan dengan nama latin Bos Taurus itu.

Bahkan, jumlah sapi yang ada di Perkampungan tersebut jumlahnya mencapai ribuan, dan tentu akan menjadi potensi bertumbuhnya hewan pedaging tersebut.

Ketua kelompok Kampung Sapi, Zubaedi mengatakan, jumlah sapi terus meningkat, mengingat masyarakat juga sangat antusias dengan Branding kampung Sapi ini.

"Berdasarkan sensus peternakan 2015 ada sebanyak 1300 Sapi Milik Warga yang berada di Kampung Sapi," terang Baedi sapaan akrabnya kepada blokTuban.com.

Selanjutnya, pria yang menjabat sebagai Ketua RT itu menjelaskan, bahwa dari 1300 sapi itu terdapat 339 ekor sapi jantan dan 961 sapi betina. Memang untuk sapi betina lebih banyak dibandingkan dengan jantan, karena betina sangat diperlukan untuk perkembangan biakan.

"Ya memang hasil sensus tahun kemarin menunjukkan angka 1300 ekor sapi," imbuhnya.

Diketahui, untuk jumlah sapi di tahun ini belum bisa diketahui, karena belum diadakan sensus Peternakan tahun 2016.[nok/ito]