Sangkar Pandanwangi Akan Diikutkan dalam Pameran

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Industri kerajinan sangkar burung warga Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko akan diikutsertakan pada event pameran produk unggulan.

Pemerintah Kecamatan Soko melalui Sekretaris Camat, Eko Suhartadi mengatakan tahun ini sangkar burung, terutama dari Desa Pandanwangi akan diikutkan dalam pameran produk unggulan di tingkat Kabupaten Tuban. Sebab industri kerajinan sangkar burung cukup dominan dan inovatif menjadikannya industri yang banyak digeluti warga. Tercatat, sekitar 268 jumlah tenaga kerja di bidang industri kerajinan sangkar burung.

"Menjadi produk inovatif karena pengolahan berasal dari limbah yang seharusnya jadi kayu bakar," kata Eko kepada blokTuban.com.

Lanjutnya, kreatifitas warga dalam menjalankan usaha tersebut pautut diapresiasi."Selain menjadi petani mereka menekuni usaha pembuatan sangkar burung," katanya.

Salah seorang pengrajin sekaligus pengepul sangkar burung asal Desa Pandanwangi, Suparlan mengatakan dalam menjalankan usahanya ia selalu berusaha mengajak masyarakat setempat untuk melakukan yang positif.

"Saya berupaya mengajak pemuda yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan untuk memproduksi sangkar burung," katanya.[dwi/ito]