BPD Sandingrowo Musyawarahkan Pilkades Nol Rupiah

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sandingrowo, Kecamatan Soko menggelar musyawarah desa guna membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Rabu (27/7/2016). BPD mengikrarkan diri akan melaksanakan Pilkades mendatang nol rupiah atau tanpa biaya.

"Desa Sandingrowo siap melaksanakan Pilkades dengan nol rupiah dari calon pendaftar," kata Ketua BPD Sandingrowo, Prihananto.

Bertempat di Balai Desa Sandingrowo, malam ini sejumlah masyarakat mengikuti musyawarah dengan seksama. Berbagai elemen masyarakat turut dihadirkan sebagai syarat pembentukan panitia, terdiri dari perwakilan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, tokoh masyarakat serta masyarakat umum.

"Malam hari ini sesuai amanat Undan-Undang, BPD yang berkewajiban menyelenggarakan rapat untuk membentuk panitia Pilkades," kata Pak Pri, panggilan akrab pria yang juga Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya tersebu.

Pembentukan Panitia Pilkades sesuai aturan dilaksanakan melalui rapat BPD dengan melibatkan perangkat Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Selain itu, panitia pemilihan terdiri dari unsur perangkat desa, Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa dan tokoh masyarakat. [dwi/col]