Besok Pantia Pilkades Nol Rupiah di Sandingrowo Dibentuk

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sandingrowo, Kecamatan Soko akan dibentuk besok, Rabu (27/7/2016). Pembentukkan panitia tersebut dipersiapkan dalam menyambut Pilkades serentak pada beberapa desa di Kabupaten Tuban.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran calon kepala desa di Sandingrowo tidak akan dipungut biaya sama sekali. Sebab itu musyawarah desa akan digelar Badan Permustawaratan Desa (BPD) setempat.

[Baca juga: Hindari Money Politik, Pendaftaran Calon Kades di Sandingrowo Bebas Biaya ]

"Pembentukan panitia pilkades dari pukul 19.30 hingga 22.00 WIB di Balai Desa Sandingrowo," kata Ketua BPD Sandingrowo, Prihananto kepada blokTuban.com, Selasa (26/7/2016).

Pada musyawarah tersebut nantinya, BPD akan mendeklarasikan pelaksanaan pilkades nol rupiah. Artinya pendaftaran bagi calon kades tanpa politik uang atau money politik.

Diketahui, Pilkades serentak sudah dibuatkan payung hukum, yaitu Perda no 7 tahun 2015 tentang Pilkades. Selai itu Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades serentak 2016 juga sudah difinalkan oleh tim Bagian Hukum (Bagkum) Pemerintah Kabupaten Tuban.

Sebanyak 36 desa dari 16 kecamatan di Kabupaten Tuban belum melakukan pemilihan kepala desa. Sampai saat ini proses pemerintahan masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt).[dwi/ito]