Hari Lingkungan, Aliansi Pecinta Alam Gelar Aksi Cabut Paku

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pecinta Alam dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup menggelar aksi cabut paku pada pohon yang hidup di sepanjang jalan Kecamatan Tuban Kota, Minggu (5/6/2016).

Aksi yang bertajuk 'Rawatlah Aku Seperti Kamu Merawat Dirimu' kali ini diinisiasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Mahipal) Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban. Sedangkan rute aksi cabut paku dimulai dari Unirow - Jalan Tembus - Jalan Basuki Rahmat - Jalan Sunan Kalijogo - Bundaran Patung.

Ketua Umum Mahipal, M Wahyu mengatakan, saat ini beberapa oknum kerap memanfaatkan pohon sebagai media pemasangan spanduk ataupun baliho. Tak pelak, semakin hari semakin banyak paku yang tertancap di pohon.

"Kenapa memilih aksi pencabutan paku? Karena paku yang ditanam di batang berdampak pada kesehatan pohon. Apalagi kandungan kambium yang terdapat di pohon akan rusak," kata Wahyu kepada blokTuban.com

Sejumlah 27 peserta yang datang dari beberapa kelompok mahasiswa dan pecinta alam lainnya, aksi cabut paku cukup menarik animo masyarakat. Sebab, selain aksi cabut paku juga ditampilkan teatrikal sepanjang rute pencabutan paku.

"Aksi pencabutan paku dimulai pukul 09.10 WIB sampai pukul 15.00 WIB nanti," pungkas Wahyu. [dwi/col]