Tak Ada TPS, Jalan Raya Jadi Tempat Buang Sampah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tidak tersedianya tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di sejumlah wilayah Desa Ngrojo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, membuat pinggir jalan sebagai alternatif untuk membuang sampah.

Kondisi itu terjadi di Jalan Raya Bangilan-Senori tepatnya di Dusun, Desa Ngrojo, Kecamatan Bangilan. Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, Minggu (5/6), sampah menumpuk di pinggir jalan.

Selain mengganggu kenyamanan pengguna jalan, tumpukan sampah juga menyebabkan bau menyengat. Ironisnya, sampah tersebut tepat berada di jalan utama penghubung antar kecamatan.

Muntamah (37), warga setempat mengatakan, minimnya TPS, membuat warga membuang sampah di pinggir jalan, karena menurutnya di wilayah Ngrojo tidak ada lokasi TPS. Dia menambahkan, kondisi itu sudah terjadi cukup lama.

“Sampah menumpuk di situ sudah lama, di sini memang tidak ada lokasi pembuangan sampah, dan selama saya tinggal di sini tidak pernah ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah," ucapnya saat ditemui di warung sekitar lokasi.

Dengan adanya sampah di lokasi itu, dirinya merasa terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari sampah rumah tangga tersebut.

Terlebih, selama ini sampah dibiarkan menumpuk tanpa ada penanggulangan yang baik. "Sampah dari pasar desa Ngrojo memang perlu segera ditangani," imbuh Satun, warga setempat. [rof/col]