Bulog Jaga Stok Beras Hingga Desember

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Bojonegoro menyatakan, ketersediaan pasokan beras selama Bulan Desember mendatang masih tergolong aman. Hal itu disampaikan oleh Kasub Divre Bulog Bojonegoro, Efdal.

Dia menyatakan, selama bulan Juni hingga Desember 2016, ketersediaan stok beras Bulog mencapai sekitar 31 ribu ton untuk wilayah Tuban. Stok beras tersebut akan berakhir selama 6,5 bulan`mendatang, dimulai dari bulan Juni.

"Diperkirakan jumlah beras akan mencukupi hingga menjelang pergantian tahun," katanya, kepada blokTuban.com.

Efdal juga menjelaskan, ketersediaan beras itu didapat dari seluruh petani baik yang ada di Kabupaten Tuban ataupun Bojonegoro. Karena saat ini, Bulog memfokuskan untuk melakukan penyerapan terhadap beras petani sesuai dengan arahan dari pemerintah.

"Kita fokus untuk membeli beras petani, karena itu juga bisa membantunya," ujarnya.

Namun Bulog juga tidak bisa sembarangan menerima beras dari petani, sebab Bulog sendiri juga ada aturan yang berkaitan dengan kualitas beras. karena jika beras petani kualitasnya tidak bagus, maka akan cepat rusak.

"Beras yang dibeli bulog ditampung terlebih dulu untuk melihat kebutuhan stok masyarakat, jika ditampung dalam waktu lama, maka beras tidak layak konsumsi atau rusak," pungkasnya. [nok/rom]