Bapemas Sosialisasikan Pengarusutamaan Hak Anak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menuju Tuban Kota Layak Anak (KLA), Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Bapemas, Pemdes dan KB) mensosialisasikan Pengarustumaan Hak Anak (PUHA), Kamis (26/5/2016).

Sekretaris Bapemas, Yulis Hendrawati saat dimintai keterangan mengatakan, sosialisasi PUHA guna terbentuknya Tuban sebagai Kota Layak Anak. Sebab itu, persiapan dan penambahan wawasan yang berpihak pada kepentingan terbaik bagi anak sangat diperlukan.

"Karena Kabupaten Tuban selama ini masih merencanakan launching pada tahun 2017," kata Yulis.

Bertempat di aula Bapemas, pemateri sosialisasi dihadirkan langsung dari pegiat yang berada di bawah naungan Lambaga Perlindungan Anak Jawa Timur, Winy Isnaini, yang menyampaiakan pengarustumaan hak anak berbasis pada keluarga.

Diketahui, PUHA merupakan strategi yang dimasukkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Dimana, tujuan utama PUHA untuk meminimalisir dan menindaklanjuti maraknya korban kekerasan.

"Perlu adanya perlindungan terhadap anak, sebab itu sosialisasi melibatkan unsur organisasi wanita yang ada di Tuban," pungkas Yulis. [dwi/rom]