Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Antisipasi Penyakit Jamur Petani Buah Melon yang berada di Desa Brangkal, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terus melakukan penyemprotan obat.

Berhubung penyakit yang mengancam tanaman melon yang sudah berusia sekitar 40 hari ini adalah penyakit jamur, sehingga para petani melakukan langkah antisipasi dengan menggunakan obat Fungisida.

Salah satu petani Basuki (47) mengaku, hal ini dikarenakan musim seperti ini rawan bagi tanaman buah melon, sehingga agar hasil panen maksimal penyemprotan dilakukan seminggu tiga kali.

"Sebelumnya, waktu tanaman melon berumur 25 sampai 35 hari, setiap hari disemprot," ujar Basuki kepada blokTuban.com.

Namun saat ini, dengan rawanya terserang penyakit jamur perawatan dilakukan dengan ekstra, sehingga dengan demikian para petani mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Masih kata Basuki, petani asal Kabupaten Bojonegoro ini menanam melon di Desa Brangkal seluas dua hektar dan terdapat kurang lebih 30.000 batang."Untuk hasil panen apa bila bisa maksimal bisa mencapai 90 ton," tambah Basuki.

Petani buah melon berharap untuk nanti panen, harga bisa setabil, atau lebih dari harga saat ini, karena biaya yang dikeluarkan untuk perawatan juga membengkak.[hud/ito]