Pelatihan Petugas Sensus Ekonomi Dibagi Empat Gelombang

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sensus Ekonomi (SE) 2016, yang akan dilaksanakan pada 1 Mei mendatang, sudah memasuki tahap pelatihan bagi petugas yang telah dinyatakan lolos sebagai petugas sensus. Pelatihan dilaksanakan di salah satu hotel ternama di Tuban, sejak 1 April dan akan berakhir hingga 17 April 2016.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, Prayogo Setio Widodo mengatakan, pelatihan ini memang difokuskan untuk petugas sensus ekonomi yang telah dinyatakan lolos, pelatihan dilaksanakan empat gelombang.

"Untuk gelombang I dilaksanakan 1-4 April, sedangkan untuk gelombang II dilaksanakan 5-8 April, dan gelombang III dilaksanakan 9-12 April, yang terakhir gelombang IV dilaksanakan 13-17 April," Kata Proyogo, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com

Selanjutnya, Prayogo memaparkan, bahwa masing-masing gelombang jumlah petugas yang mengikuti pelatihan tidak sama, karena masing-masing wilayah mempunyai luas yang berbeda, sehingga petugas sensus juga menyesuaikan. Pada gelombang pertama, terdapat sebanyak 267 petugas sensus, gelombang kedua dan ketiga sebanyak 264 petugas, dan gelombang keempat sebanyak 273 petugas sensus.

"Untuk yang gelombang pertama sampai ketiga adalah Petugas lapangan (PCL), sedangkan untuk yang keempat adalah Koordinator (PML)," jelasnya. [nok/rom]