Rumah Sakit Tipe D Akan Dibangun di Jatirogo

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Menanggapi banyaknya keluhan pasien overload yang masih saja terjadi di RSUD Dr.R. Koesma Tuban, membuat Pemerintah Bumi Wali harus segera mengambil tindakan untuk memberikan solusi atas masalah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, bahwa Kabupaten Tuban akan segera membuat Rumah Sakit Tipe D, karena untuk mengatasi apabila terjadi overload terhadap pasien, jadi nanti RS tipe D bisa menampung atau merawat pasien yang berasal dari pinggiran kota.

"Rumah sakit tipe D akan berada di Kecamatan Jatirogo, tepatnya berada di Puskesmas, karena nantinya akan dibangun RSUD kedua setelah RSUD Dr.R.Koesma," paparnya kepada blokTuban.com

Selanjutnya, pria alumnus FK Unair tersebut menjelaskan, perihal rencana pembangunan Rumah Sakit tipe D tersebut sudah direncanakan sejak awal Pemerintahan Bupati Tuban, Fathul Huda saat menjabat, tepatnya pada tahun 2011.

"Sudah dalam proses, nanti ditargetkan tahun 2017 sudah bisa dibangun, karena kita juga menyesuaikan anggaran, Bupati dan Wabup juga sudah setuju atas pembangunan RS tipe D," pungkasnya.

Diketahui, bahwa setiap Rumah Sakit (RS) sebelum mendapatkan akreditasi B, maka untuk pembangunan dari awal akan tetap mendapatkan akreditasi D, seperti yang terjadi di RSUD Dr.R. Koesma. [nok/rom]