Terjunkan Dua Tim, Investigasi Dijadwalkan Sampai Kamis

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Usai melakukan wawancara dengan perangkat desa dan petugas kesehatan di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Tim dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi keluarga warga yang meninggal dunia, sejak tiga bulan terakhir.

Pantauan blokTuban.com, Selasa (12/4/2016), sebanyak empat utusan Komnas HAM mulai mendatangi satu persatu keluarga yang meninggal dunia. Mereka datang ke keluarga dengan dipandu modin, atau perangkat desa yang mengurus masalah keagamaan dan kematian warga. "Kita melakukan verifikasi ke keluarga dari warga yang meninggal dunia," terang tim dari Komnas HAM, Mimin Dwi Hartono, kepada blokTuban.com.

Tampaknya, investigasi yang dilakukan Komnas HAM akan berjalan lama. Mimin mengatakan, saat ini ada empat petugas, termasuk dirinya yang sudah turun ke lapangan. Rencananya, hari ini juga akan ada tiga utusan lagi yang akan menyusul dan membantu pekerjaan mereka.

"Rencananya berada di sini (Desa Karanglo) sampai hari Kamis, ada satu tim lagi yang sedang perjalanan ke Tuban," kata Mimin.

Hanya saja, mereka belum bisa memberikan keterangan detail mengenai apa saja yang akan dilakukan, dan bagaimana hasilnya ke depan. Menunggu semua proses verifikasi dan klarifikasi selesai dilaksanakan. Selain itu, masih menunggu komisioner Komnas HAM yang juga akan datang ke Tuban.

"Sementara itu dulu, nanti setelah semua selesai baru bisa diketahui bersama hasilnya (penyebab kematian tinggi di Desa Karanglo)," kata Mimin. [pur/rom]