Unik dan Manis, Pisang Raja Sewu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Keanehan dan keunikan pisang raja sewu yang berada di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban banyak menarik perhatian warga, Selasa (12/4/2016).

Pasalnya, pisang tersebut memiliki buah (Tundunan) yang sangat panjang, berbeda dengan pisang-pisang pada umumnya. Pisang tersebut berbuah hingga sepanjang kurang lebih tiga meter dan sebentar lagi kemungkinan bisa sampai menyentuh tanah.

"Kurang lebih dari munculnya ontong pisang sampai sekarang sudah tiga bulan, namun ontong tersebut masih saja mengeluarkan buah pisang, sehingga diperkirakan sebentar lagi menyentuh tanah," ujar pemilik pisang raja sewu, Darmusriah (50), kepada blokTuban.com.

Warga banyak yang datang untuk sekadar menonton dan melakukan pemotretan guna mengabadikan keunikan pisang tersebut, tak sedikit pula warga yang menonton sambil memakan buah pisang tersebut yang sudah matang.

Saat ini pisang untuk bagian yang atas telah matang, namun di bagian bawah ontong tersebut masih mengeluarkan buah pisang. "Pisang ini manis, tak sedikit warga yang menonton ikut memakan pisang ini," tambah Darmusriah.

Sang pemilik mengaku, pisang yang ditanam sejak musim penghujan lalu itu baru berbuah satu kali ini, dan ia mengatakan, pisang tersebut akan dibiarkan dan dipanen sedikit demi sedikit buah yang sudah matang. [hud/rom]