Wabup: Sport Centre tidak Mungkin Didanai Total APBD

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pembangunan proyek megah, Tuban Sport Centre (TSC) tampaknya masih di awang-awang dalam tahap pensuksesannya. Sebab proyek megah yang memakan dana fantastis tersebut, hingga saat ini hanya menyedot anggaran tak kurang dari 10 miliar yang bersumber dari APBD, padahal untuk mencapai tahap penyelesaian TSC tersebut dibutuhkan dana hingga mencapai ratusan miliar.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, dalam pembahasan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Tuban Tahun 2016 mengatakan, pembangunan Tuban Sport Centre tidak mungkin menggunakan dana keseluruhan dari APBD kabupaten. Sebab hal tersebut tidak akan mampu dan justru akan membuat jebol anggaran daerah.

"Anggarannya TSC mencapai 300 sampai 400 miliar, dan kita saat ini baru menggelontorkan sekitar 5 milliar, Pemkab tidak akan mampu jika menanggung semua anggaran," kata Wabup, Selasa, (29/3/2016).

Selanjutnya, pria yang kembali terpilih sebagai wakil Bupati Tuban dua periode tersebut menyatakan, Pemkab akan menjalin kerjasama dengan Kemenpora, agar mendapat bantuan dalam hal anggaran, karena hal itu sesuai prosedur. Yang penting, kata Wabup, dari Pemkab sudah menyediakan lahan, sedang dari pemerintah, menginginkan semua masalah yang berada di bawah selesai, dalam hal ini adalah pembebasan lahan.

"kita akan melakukan koordinasi dengan Kemenpora, terkait bantuan Tuban Sport Centre, dan semoga saja akan segera mendapatkan jawabannya," pungkas Wabup.

Diketahui, proyek Tuban Sport Centre ini dibangun di atas lahan seluas10 hektar yang berada di Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding. [nok/mu]