Jadikan Masyarakat Sebagai Mitra Polisi

Reporter: Dwi Rahayu

bloktuban.com - Pada Sabtu, 19 Maret 2016 merupakan salah satu hari sakral dalam hidup Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Soko, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yudi Hermawan. Pada tanggal tersebut, secara resmi ia dilantik menggantikan Kapolsek sebelumnya, AKP Suparan yang memasuki masa purna tugas pada hari yang sama.

Mengemban tugas pertama kali di lapangan dan terjun langsung di tengah masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi pria kelahiran 24 Juni 1962 ini. Tidak hanya ingin berspekulasi dan berandai dengan berongkang kaki di markas saja. Bagi ia, mengenal masyarakat tidak cukup tanpa langsung melakukan kontak di lapangan.

"Saya menganggap masyarakat sebagai mitra polisi," terang bapak dua anak ini.

Kepedulian masyarakat akan lingkungan sekitar begitu dibutuhkan. Terlebih kesadaran tersebut timbul dari diri sendiri. "Sehingga masyarakat dapat menjadi polisi bagi diri sendiri dan polisi bagi lingkungan sekitar," tambahnya.

Beberapa upaya pendekatan terhadap masyarakat mulai gencar ia terapkan. Diantaranya ia bersama aparat keamanan lain memberi sentuhan dan pendekatan. Bagaimanapun tujuan tidak dapat tercapai tanpa turut serta terjun secara langsung.

Pri yang pernah menjabat Kasubbag Pengendalian Anggaran, Bagian Perencanaa Polres Tuban ini mengaku bangga, apabila melihat masyarakat menyelenggarakan siskampling. Tidak lain guna menciptakan lingkunan yang kondusif.

Selain itu, memberi imbauan seakan tiada kapok ia lakukan. Tempat umum menjadi sasaran utama, seperti halnya di pasar, karena tidak menutup kemungkinan tindakan yang tidak dinginkan dapat terjadi. Sekalipun pasar berlokasi di tengah masyarakat desa.

"Kemitraan dengan masyarakat, berarti polisi milik masyarakat. Perlu merubah konotasi negatif polisi, yang kerap menjadi momok di tengah masyarakat," ujarnya.

Pendekatan yang dilakukan AKP Yudi Hermawan beserta rekan polisi, lebih kepada pendekatan hati ke hati. Mengambil contoh, kepedulian dan perhatian terhadap hal sepele pada masyarakat terus digencarkan. Selain diterapkan satu desa satu polisi, melalui Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) wajib mengetahui dan mengenal karakter masyarakat tersebut.

"Masyarakat sama-sama ikut andil menjaga lingkungan sekitar. Seperti halnya keaktifan Bhabinkamtibmas menyampaikan penyuluhan dan perhatian kepada masyarakat," tambah pria kelahiran Ponorogo itu.

Ia ambil misal, perhatian dilakukan ketika diadakan patroli pada pukul 11.00 atau 12.00 WIB tengah malam, terdapat rumah dalam keadaan pintu terbuka. Sebagai perhatian aparat yang tengah patroli, kemudian menemui pemilik pintu rumah untuk segera  menguncinya.

"Harapan bersama masyarakat, saya ingin membangun kemitraan dan kepedulian lingkungan dari masyarakat. Jika peduli lingkungan, apa yang diharapkan terciptanya kondisi kondusif, tidak sekadar angan belaka," pungkas suami Asijah tersebut, kepada blokTuban.com. [dwi/rom]

Profil Singkat Kapolsek Soko:
Nama : AKP Yudi Hermawan
Ttl      : Ponorogo, 24 Juni 1962
Istri    : Asijah
Anak  : Andhita dan Dinda

Jejang karir:
1984-2000 Bintara
2000-2011 Staff Polres Tuban
2011-2016 Kasubbag Dalgar Bag Ren Polres Tuban
2016-sekarang Kapolsek Soko.