Jarang Diguyur Hujan, Tanaman Cabai Layu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hektare tanaman cabai yang berada di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban layu. Hal ini dikarenakan satu minggu lebih kawasan tersebut tidak pernah diguyur hujan. Selain itu, ladang yang berada di tanah kering tersebut cuacanya sangat panas.

"Umur tanaman cabai-cabai ini telah menginjak dua bulan, dan belum pernah dipanen. Saat ini baru mulai menumbuhkan cabai yang masih kecil," ujar salah satu petani cabai, Sono (35) kepada blokTuban.com, Rabu (30/3/2016).

Lanjut Sono, tanaman cabai ini merupakan tanaman tumpang sari, saat ini di bawah tanaman cabai terdapat tanaman kacang, namun tidak pernah diguyur hujan tanaman kacang tersebut ikut layu. "Beberapa hari lalu sempat mendung, namun tidak sampai hujan," sambungnya.

Kemungkinan besar apabila tanaman cabai ini tidak segera di guyur hujan, akan mengalami pertumbuhan yang lambat, bahkan bisa sampai menyebabkan tanaman tersebut kriting dan tidak membuahkan cabai yang maksimal.

"Kalau panas ini berkelanjutan kemungkinan cabai ini sulit untuk menumbuhkan cabai yang maksimal, selain itu di daerah ini sangat minim air irigasi," pungkas Sono.[hud/ito]