Peserta PIN Polio Puskesmas Soko 99 Persen dari Target

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaksanaan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang diagendakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, khusus di Kecamatan Soko sekitar tiga pekan lalu dapat dikatakan berhasil. Pasalnya keikutsertaan PIN Polio mencapai 99 persen.

Target peserta PIN Polio yang dipasang oleh Puskesmas Soko sebanyak 33.000 balita, dengan prioritas balita berusia 0 sampai 5 tahun. Tidak kalah penting, dalam menyukseskan giat PIN Polio membutuhkan beberapa persiapan. Di antaranya kesiapan tenaga medis, ketersediaan vaksin dan sarana.

Selain itu dukungan lintas sektor seperti stakeholder atau pemangku jabatan penting tingkat kecamatan. Seperti keterlibatan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), dari Camat, Danramil dan Kapolsek. Di tingkat desa terdapat perkumpulan fatayat, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kepala desa terkait.


"Pelakasaan PIN polio dapat dikatakan tercapai 100 persen. Karena data pasti menunjukkan 99,8 persen," kata kepala Puskesmas Soko, Mushollin, Senin (28/3/2016).

Diketahui Kecamatan Soko memiliki dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Yakni di pusat Kecamatan, Puskesmas Soko yang membawahi 13 desa. Sedang Puskesmas Prambon membawahi 10 desa.[dwi/ito]