Buah Jeruk Jadi Produk Unggulan Desa Dermawuharjo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selain banyaknya pisang susu, perkebunan jeruk mulai dirintis oleh warga Dusun Berus, Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Perkebunan jeruk buah yang mulai dirintis sejak satu tahun lalu tersebut  memiliki luas hingga 80 hektar, semua tanaman jeruk merupakan milik pribadi para petani di dusun setempat.

Di samping itu, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Grabagan, memberikan peran yang penting bagi para petani yang menanam jeruk dilahannya. Pasalnya, dinas tersebut memberikan pelatihan, dan juga penyuluhan yang kaitanya dengan perkebunan jeruk tersebut.

Salah satu pemilik kebun jeruk, Joyowage mengaku untuk panen yang pertama pada tahun 2015 lalu hasilnya belum bisa maksimal. Hanya saja peminat jeruk di Desa ini telah banyak dan datang dari berbagai desa di Kecamatan Grabagan.

"Baru panen sekali, untuk hasil belum maksimal namun peminat jeruk sudah banyak," ungkap Joyo kepada blokTuban.com.

Joko menambahkan, jeruk yang ditanam merupakan jenis Keprok dan 55. Pada tahun lalu, jeruk di kebun milik warga bisa laku Rp 700 ribu sampai Rp 1,5 juta dengan cara ditebas (dibeli di pohon). Namun untuk panen berikutnya, hasilnya diperkirakan meningkat drastis.

Hal itu dikarenakan saat ini buah yang masih kecil-kecil tersebut sangat banyak, "Kemungkinan besar untuk hasil panen yang kedua nanti meningkat drastis, melihat saat ini buah yang masih kecil-kecil banyak," pungkasnya. [hud/ito]