Harga Anjlok, Petani Cabai Rawit Merugi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Membusuknya cabai yang siap panen di Tuban, membuat petani merugi. Karena harga jual panen dengan kualitas jelek, bisa turun hingga 50 persen.

Seperti diketahui harga jual cabai rawit merah matang di pasaran mencapai Rp40.000 hingga Rp50.000 per kilogram. Namun, harga cabai rawit muda yang dipanen dini hampir separoh di bawahnya.

"Kalau cabai masih muda dan banyak yang masih hijau tiap satu kilogram seharga Rp24.000 atau Rp25.000," kata petani cabai, Tamaji, Minggu (20/3/2016).

Tidak ada pilihan lain bagi petani selain menjual cabai rawit yang masih muda. Dari pada memetik cabai rawit tua tapi busuk, mereka memilih memtik cabai muda. Meski kerap dikomplain pembeli, apa boleh buat lebih baik merugi 50 persen dari pada merugi 100 persen.

"Ketimbang tidak panen sama sekali, ya kita panen muda. Karena hujan merusak buah cabai siap petik," tamabah petani lainnya, Suratmi di petak sawah di Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko.

Curah hujan menurut informasi Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) masih berlangsung hingga akhir Maret 2016. Hingga kurang lebih dua minggu kedepan hujan masih mengguyur lahan pertanian dan pemukiman warga Tuban sekitar.[dwi/fah]