Anggaran Desa 2016 Naik?

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Anggaran Dana kesejahteraan desa, baik dari Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan juga Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pada tahun 2016 ini mengalami peningkatan untuk Kabupaten Tuban.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Bappemas Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo, bahwa telah terjadi kenaikan pada anggaran kesejahteraan untuk desa tahun 2016 ini. Sebelumnya, Dana Desa (DD) pada tahun 2015 adalah Rp88 miliar, sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2015 adalah Rp105 miliar.

"Tahun 2016 ini DD menjadi sebesar Rp197 miliar, dan ADD sebesar Rp114 miliar," kata Sugeng kepada blokTuban.com

Lanjut Sugeng sapaan akrabnya menjelaskan, Dana Desa (DD) pada tahun 2016 ini memang mengalami kenaikan 100 persen lebih, dan ini sudah menjadi komitmen bagi pemerintah pusat dalam pembangunan desa. Namun untuk Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 ini juga mengalami kenaikan kendati tidak seperti DD, karena menyesuaikan dengan APBD Kabupaten Tuban.

"Baik Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Daerah sama-sama berkomitmen untuk memajukan perkembangan desa, melalui dana kesejahteraan desa tersebut," pungkasnya.

Diketahui, bahwa ADD dan DD 2016 belum bisa dicairkan secepatnya, karena masih menunggu Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) administrasi keuangan dari tiap-tiap desa, terkait ADD dan DD tahun 2015 kemarin yang masih belum selesai. [nok/rom]