Pemkab Ajukan Bendungan Jadi ke Kemen-PU

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban ajukan rencana pembangunan bendungan di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten  Tuban, ke Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU). Informasinya, bendungan ini berada di sisi selatan kawasan air terjun Banyu Langse, yang sudah masuk Desa Boto, Kecamatan Semanding.

Bendungan atau waduk dibuat dengan pengajuan dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). "Kami sedang proses pengajuan ke Kemen PU. Semoga cepat mendapatkan kabar," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, kepada blokTuban.com, Jum'at (11/3/2016).

Rencananya, waduk ini akan dibangun di atas lahan milik Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Tuban. Pemkab mengaku sudah mengajukan kerjasama dengan Perhutani dan akan dilanjutkan ke Kementerian Kehutanan selaku pemilik lahan.

"Itu kan lahan Perhutani tapi tidak ada tanamannya. Kita berharap agar bisa dimanfaatkan saja untuk keperluan pembangunan bendungan ini," kata Budi.

Pemkab Tuban masih enggan membeberkan perkiraan kebutuhan anggaran pembuatan waduk. Alasannya, masih menunggu tim dari Kemen PU untuk melakukan survey langsung ke lokasi.

Pembangunan bendungan atau waduk di tempat ini, untuk menanggulangi banjir yang kerap menerjang di kawasan hilir sungai Jambon, di Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Tanggul di sungai ini sering jebol dan meluap, sehingga membanjiri beberapa desa yang ada di Kecamatan Merakurak. [pur/rom]