Bupati: Selain CSR Perusahaan Harus Memperhatikan BAZ

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Merujuk pada tingkat kesenjangan sosial masyarakat Tuban, dimana belum adanya pemerataan pendapatan. Dengan demikian Bupati Tuban, Fathul Huda menekankan pada perusahaan besar yang berproduksi di Bumi Wali, selain memenuhi Corporate Social Personality (CSR) agar menghidupkan Badan Amil Zakat (BAZ).

Menurut orang nomor satu di Tuban tersebut, CSR memang sudah jadi kewajiban perusahaan kepada masyarakat. Sedangkan BAZ, adalah kewajiban yang berkaitan dengan tuhan dengan memberikan sebagian hasil kepada yang berhak.

"Kalau kita analisa bahwa potensi zakat di Indonesia mencapai Rp227 triliun. Namun saat ini, baru terealisasi kurang lebih Rp26 triliun," kata Fathul Huda.

Keterserapan zakat ini semestinya di Tuban dapat diakomodir. Sehingga akan mengurangi angka kemiskinan yang menjadi penyebab adanya kesenjangan sosial.

Angka kemiskinan Indonesia mencapai 10 sampai 11 persen. Maka dari itu, Fathul Huda mengimbau kendati CSR disalurkan sendiri oleh perusahaan, maka harus ada laporan dengan badan terkait.

Dari diberlakukannya BAZ, diharapkan perusahaan yang bersangkutan dapat meringankan dan mendekatkan jenjang sosial yang semakin membengkak di Tuban. [dwi/rom]