Warga Tionghoa Rayakan Cap Gomeh di Tjoe Ling Kiong

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hari ini Senin (22/2/2016), pukul 21.00 WIB, telah dilaksanakan perayaan Cap Go Meh atau tutup tahun baru Imlek, di klenteng Tjoe Ling Kiong yang berada di utara Alun-alun kota Tuban. Seperti biasa, dalam Perayaan Cap Go Meh maka akan dilaksanakan sembahyang, seperti perayaan Imlek sebelumnya.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, umat tionghoa sedang melakukan sembahyang untuk memuja Dewa-dewa yang mereka yakini. Menurut koordinator security klenteng, Sugeng mengatakan, bahwa pada sembahyang kali ini dipimpin oleh Ko Jang, seorang Ciam Si yang berada di klenteng Kwan Sing Bio.

"Biasanya yang memimpin Pak Gunawan, selaku ketua umum tempat ibadah tri dharma (TITD) Kwan Sing Bio, namun yang bersangkutan sedang di luar kota," terangnya kepada blokTuban.com.

Hal senada juga disampaikan juru kunci klenteng Tjoe Ling Kiong, Cik hua-hua menyampaikan, bahwa memang pada sembahyang Cap Go Meh ini, dipimpin oleh Ko Jang, karena Ketua Umum TITD sedang tidak di Tuban. "Yang memimpin harus bisa berbahasa Mandarin, dan Ko Jang sangat fasih dalam berbahasa Mandarin tersebut, sehingga membuat jemaah meresapi dengan hikmat," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, bahwa upacara sembahyang Cap Go Meh di klenteng Tjoe Ling Kiong selesai pada pukul 21.30 WIB, sesudah itu para jemaah menuju Klenteng Kwan Sing Bio untuk melaksanakan Sembahyang kedua. [nok/rom]