Tak Ada Perayaan Meriah dalam Cap Gomeh

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tahun baru imlek telah sampai pada puncaknya. Seperti biasa, menjadi sebuah tradisi jika dalam penutupan tahun baru imlek, atau yang biasa disebut dengan Cap Go Meh ini akan ada acara seperti ramah tamah bagi warga tionghoa, sehingga akan bisa menciptakan susasana hikmat dan menambah keakraban sesama umat.

Sekretaris penilik tempat ibadah tri dharma (TITD), Yuyun mengatakan, bahwa tak ada acara yang bersifat hiburan dalam perayaan Cap Go Meh di klenteng Kwan Sing Bio, hanya ada sembahyang saja. Nantinya, kata Yuyun, sembahyang akan dilaksanakan di dua tempat di klenteng Tuban, yakni di klenteng Mak Cocu Lintiong atau yang dikenal dengan klenteng perempuan, tepatnya di utara Alun-alun Tuban, dan klenteng Kwan Sing Bio atau Kong Cu Kwan Kong dikenal dengan klenteng laki-laki.

"Untuk sembahyang di Mak cocu lintiong akan dilaksanakan pukul 21.00 WIB, dan di Kwan sing bio pada pukul 22.00 WIB," terang Yuyun kepada blokTuban.com

Hal tersebut juga disampaikan, Ciam Si Kwan Sing Bio, Ko Salim menyampaikan, memang tidak ada acara hiburan pada perayaan Cap Go Meh, hanya difokuskan untuk sembahyang di dua tempat saja. Di klenteng mak Cocu Lintiong dan Kwan Sing Bio nanti malam.

"Memang klenteng akhir-akhir ini sering sepi, meskipun dalam perayaan hari-hari besar umat tionghoa, mungkin karena masing-masing klenteng di daerah juga merayakan hal yang sama," jelasnya.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun blokTuban.com, bahwa nanti pada saat sembahyang dimulai, para jemaat akan melakukan sembahyang di klenteng Mak Cocu Lintiong terlebih dahulu, begitu selesai selanjutnya akan menuju klenteng Kwan Sing Bio untuk melanjutkan sembahyang. [nok/rom]