Pengirim: Muhammad Iqbal

blokTuban.com - Ikatan Mahasiswa Ronggolawe atau dikenal dengan IMARO bulan-bulan ini sibuk dengan agendanya yaitu berkeliling Kota Tuban. Agenda tersebut bukanlah nge-trip ataupun hura-hura tapi melaksanakan agenda Sosialisasi Kampus (SosKam) yang diadakan setiap tahun dengan sasaran Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat Se-Kabupaten Tuban.

Meskipun anggota IMARO mengenyam pendidikan jauh dari Tuban yaitu di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mereka siap berkeliling Tuban. Tujuan awal dari SosKam adalah ingin menginspirasi siswa SMA untuk melanjutkan pendidikannya.

“Tujuan awal SosKam adalah memperkenalkan kampus kita serta yang utama adalah ingin menginspirasi adik-adik SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah,” ungkap Yudha Mahasiswa UINSA Fakultas Syariah sebagai Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) IMARO.

Sejak awal bulan Januari tepatnya hari Senin (4/1) agenda SosKam dimulai. Sosialisasi pertama dijadwalkan ke MA Kedungjambe, Kecamatan Singgahan Tuban. Teknisnya siswa dikumpulkan di dalam suatu ruangan atas kehendak pihak sekolah.

”Sebelum melaksanakan SosKam, kita mengajukan surat permohonan sosialisasi ke sekolah yang sudah kita jadwalkan. Setelah disetujui bisa kemudian langsung ke sekolahnya lanjut melaksanakan sosialisasi sesuai kesepakatan pihak sekolah, apakah jadi satu ruangan atau per kelas. Untuk kali ini pihak sekolah sepakat satu ruangan, selanjutnya kita bagi beberapa anggota IMARO untuk presentasi tentang Kenapa Harus Kuliah, Bagaimana Kuliah murah, dan tentang UINSA serta IMARO sendiri,” tutur Muhamad, Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris UINSA yang tahun ini diberi amanat menjadi Ketua Panitia SosKam.

IMARO diberi kesempatan mengunjungi sekitar 36 Sekolah untuk mengadakan Sosialisasi. Selain Sosialisasi, IMARO juga hadir dalam beberapa undangan Campus Expo, salah satunya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban pada hari Sabtu, 16 Januari.

“Tahun ini kita telah diberi kesempatan mengunjungi sekitar 36 Sekolahan, terakhir tanggal 2 Februari kemarin sosialisasi di Madrasah Aliyah Darul Ma’wa Plumpang, selain itu kita juga menghadiri beberapa Campus Expo, di MAN Tuban dan di Gedung Budaya Loka,” tambah Muhamad, seorang Mahasiswa asal Kecamatan Senori ini.

Ketua Umum IMARO, Edi Eka Setiawan Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam pembukaan SosKam pertama mengungkapkan bahwa agenda ini lahir dari inisiatif anggota sendiri dan tidak ada intruksi dari instansi kampus.

SosKam adalah agenda setahun sekali yang lahir dari inisiatif anggota IMARO sendiri. Tidak ada intruksi dari kampus untuk melaksanakan agenda ini. Ormada hanya meminta brosur kampus dan selebihnya menggunakan swadaya pribadi.
“Kami hanya ingin menginspirasi adik-adik agar mau melanjutkan ke jenjang kuliah, meskipun hanya 5 % dari kelas-kelas yang telah kami datangi,” tambah mahasiswa asal Kecamatan Merakurak ini. [col]