Kerajinan Kaligrafi, Tembus Pasar Luar Pulau

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kerajinan kaligrafi yang berada di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, saat ini telah menembus pasaran luar pulau, Sabtu (16/1/2016).

Kerajinan yang dirintis sejak tahun 2010 lalu, telah membuahkan hasil yang manis bagi Imam Syafi'i, warga asli Desa Gaji. Pasalnya kerajinan yang telah ditelateni dan ditekuni tersebut telah diminati banyak masyarakat, dari beberapa Kota di Jawa Timur hingga luar pulau Jawa.

Imam Syafi'i mengatakan, setelah sekitar lima tahun usaha ini berjalan, pemesan dari karya seninya tersebut, datang dari beberapa Kota di Jawa Timur dan banyak juga dari Luar Pulau Jawa.

"Para pemesan banyak juga yang datang dari luar pulau, seperti, Kalimantan dan Sulawesi," kata Imam, kepada bT sebutan akrab blokTuban.com.

Selain pemasaran ke luar pulau, setiap ada pameran di Kabupaten Tuban, karya dari bapak satu anak tersebut juga selalu ikut mewarnai. Untuk saat ini tempat produksi berada di dalam rumah yang tidak terlalu lebar, dan sulit dijangkau oleh para pelanggan, hal itulah yang menjadi kendala.

"Harapannya bisa membuka tempat produksi dan juga penjualan di Kota, agar mudah dijangkau," harap Imam sapaan akrabnya.

Setiap harinya, apabila ke empat karyawannya masuk bisa menghasilkan empat buah kaligrafi, dan harga juga bervariasi mulai dari Rp100 ribu sampai dua juta. "Semua tergantung besar dan rumitnya pembuatan," tutup Imam. [hud/rom]