Sektor Properti KPR Kuartal I Masih Melemah

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penjualan properti seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), pada kuartal I oleh sejumlah developer atau pengembang di Tuban diperkirakan masih melemah.

Salah Seorang pengawas lapangan pengembang perumahan di Tuban, Agus Prasetiya, mengatakan di kuartal I, yakni pada bulan Januari hingga Maret pembelian ataupun pengajuan KPR menurun.

"Pada bulan ini biasanya keuangan menipis setelah liburan panjang dan anak-anak awal masuk sekolah," terang Agus, kepada blokTuban.com.

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar pembeli adalah masyarakat yang sudah berkeluarga, saat pengeluaran keuangan dialihkan untuk kebutuhan pendidikan ataupun liburan, biaya pengajuan KPR teralihkan.

Keterangan dari salah seorang manajer pemasaran pengembang perumahan, Didik Setyawan, pada kuartal I terdapat pengajuan KPR meski tidak begitu tinggi dibanding kuartal III.

"Pada pertengahan tahun atau pada kuartal III penjualan tinggi. Untuk pengajuan KPR setelah urusan pendidikan anak selesai, biasanya sisanya digunakan untuk Down Paymen (DP) KPR," kata Didik. [dwi/rom]