Edy Toyibi, Aktivis Lingkungan Hidup Tutup Usia

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Aktivis lingkungan hidup Kabupaten Tuban, Edy Toyibi, tutup usia setelah terlibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalur pantura, tepatnya di kawasan pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Bulu, Kecamatan Bancar, Jumat (11/12/2015).

"Korban terlibat kecelakaan lalu lintas dengan truk ketika melintas di Bancar, sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit, sebelum akhirnya meninggal dunia," terang Kasatlantas Polres Tuban, AKP Dhyno Indra Setyadi, kepada blokTuban.com.

Selama ini, Edy dikenal sebagai aktivis senior yang getol menyuarakan isu-isu lingkungan. Selain itu, aktivis berusia 46 tahun ini juga aktif membina berbagai komunitas pelajar dan mahasiswa pecinta alam, tim Search and Rescue (SAR), kegiatan pelestarian alam, dan juga pernah beberapa kali menjabat sebagai komisioner panitia pengawas Kabupaten (Panwaskab) Tuban. Kemudian tercatat juga sebagai pengurus dan anggota GP Ansor Tuban.

Mas Edy, sapaan akrabnya, dikenal sebagai pendiri komunitas mahasiswa pecinta alam di berbagai kampus. Mulai dari mahasiswa pecinta alam (Mahipal) Unirow Tuban, Lembayung Fajar (LF) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tuban, Mapala Daun Lontar Universitas Sunan Bonang Tuban, dan juga Mapala El-Hera di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STITMA) Tuban.

Rencananya, jenazah akan disemayamkan di rumah sang istri, di Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban Kota. [pur/mu]