Operasi Katarak Gratis, Pasien Sambut Gembira

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Marinir Ke-70, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. R Koesma, Tuban menyelenggarakan bakti sosial (Baksos). Baksos dilaksanakan dalam bentuk operasi katarak gratis bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Para pasien terlihat bersuka cita mendapat bantuan operasi ini.

Salah seorang penderita katarak, Kasmadi, asal Desa Bunut, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, mengaku senang dengan penyelenggaraan Baksos kali ini. Apalagi tidak dipungut biaya sepeser pun.

"Sebelumnya sudah pernah diperiksa Puskesmas keliling, diberi obat tetes yang hanya bisa meredakan rasa sakit," kata Kasmadi.

Untuk mendapat operasi gratis peserta harus membawa persyaratan berupa surat rekomendasi dari desa, Puskesmas dan kecamatan setempat. Kemudian disertai Surat Keterangan Miskin (SKM) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban untuk pendaftaran.

Seorang pasien, Subandi (43) asal Dusun Warang, Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko mengaku tidak mengalami kesulitan dalam mengurus persyaratan tersebut.

"Sudah satu tahun ini saya menderita katarak, hanya berobat secara herbal dan tidak ada perubahan. Kebetulan kok ada operasi katarak gratis dalam rangka ulang tahun marinir," kata Subandi. [dwi/col]