Skip to main content

Category : Kolom


Revolusi Industri 4.0: Peluang dan Tantangan Bagi Perempuan

<em>&ldquo;Digitalisasi, computing power dan data analytic telah melahirkan terobosan-terobosan yang mengejutkan di berbagai bidang, yang men-disrupsi (mengubah secara fundamental) kehidupan kita. Bahkan men-disrupsi peradaban kita, yang mengubah lanskap ekonomi global, nasional, dan daerah serta laskap politik global, nasional dan daerah. Lanskap interaksi global, nasional, dan daerah. Semuanya akan berubah.&rdquo; (Presiden Jokowi, 16 Februari 2018, Sumber: www.merdeka.com)</em>

Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0

Generasi milenial punya tantangan menyambut Revolusi Industri 4.0 dan bonus demografi tahun 2030. Era Revolusi Industri keempat sebenarnya sedang Indonesia tapaki yang ditandai dengan digitalisasi. Contohnya, dari sistem belanja daring sampai pembayaran uang elektronik<em>&nbsp;(e-money)</em>. Tak hanya itu, perubahan di dunia digital begitu marak terjadi di nusantara. Populasi penduduk Indonesia saat ini mencapai 262 juta orang. Lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang 2017, setidaknya begitu menurut laporan teranyar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Kebohongan dan Amnesia Politik

<br />&ldquo;Betapapun cepatnya kebohongan itu, namun kebenaran akan mengejarnya juga.&ldquo; Pernyataan Tan Malaka dikutip dari buku &ldquo;Dari Penjara Ke Penjara&rdquo; sangat tepat menggambarkan kasus Ratna Sarumpaet. Cerita khayalan tentang penganiayaan yang dialami serta kegiatan Konferensi Asing yang diikutinya, menyebar luas dengan sangat dahsyat. Wajah lebam dampak operasi plastik yang diklaim sebagai buah penganiayaan viral di media sosial.

Menjadi Guru Sekaligus Penulis

Menjadi guru tentu bukan semata-mata sekadar nama maupun status saja. Justru menjadi guru adalah profesi mulia yang hari ini sudah terlihat sisi kesejahteraannya. Mulai dari tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan tambahan penghasilan lainnya bagi guru dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Mistifikasi Komunisme dan Pilpres 2019

Ada hantu yang setiap tahun selalu didatangkan ke Indonesia, mengisi narasi dan perdebatan politik di lingkaran elite sampai obrolan warung kopi. Hantu itu bernama komunisme. Pada masa Orba, hantu-hantuan itu telah menjadi liturgi politik tahunan yang harus diikuti rakyat. Saat ini, pengguliran isu komunisme tidak lepas dari momentum pemilu 2019, khususnya pemilihan presiden.

Pesisiran

Berbincang dengan Gus Dur atas Pilihan Yenny

<p class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;"><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-bidi-font-family: Calibri; mso-bidi-theme-font: minor-latin; background: white;">Namanya Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid banyak orang tak familiar dengan nama ini. Namun, ketika perempuan kelahiran 1974 itu disebut dengan nama panggilannya, Yenny Wahid, orang langsung mengangguk-angguk. &lsquo;&rsquo;O..Mbak Yenny to, putri Gus Dur itu,&rsquo;&rsquo; begitu kira-kira.</span>

Pesisiran

Caleg Koruptor dan Semangat Memberantas Korupsi

<p class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;"><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">&lsquo;<em>&rsquo;Mantan Koruptor Boleh Dicoblos</em>&rsquo;&rsquo;. Begitu judul halaman depan sebuah koran harian nasional edisi Sabtu (15/9/2018). Kontan batin ini terusik. Terlebih, hal itu merupakan putusan resmi Mahkamah Agung (MA), untuk permohonan uji materiil terhadap Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Juga terhadap Putusan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 20 tahun 2018 tentangt Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.</span>

Pesisiran

Olahraga Mempersatukan Kita, Lagu Kita Masih Sama: Indonesia Raya

Saya membayangkan berada di Gelora Bung Karno (GBK) dan ikut berdiri lalu menyanyikan Indonesia Raya besama dengan ribuan penonton lain. Serta menjadi saksi langsung dikereknya Sang Merah Putih lebih tinggi dibanding bendera negara lain, saat atlet Indonesia berhasil mempersembahkan emas.