Skip to main content

Category : Kolom


Mahathir PM Lagi

Begitu efisien Pemilu di Malaysia. Pukul 08:00 mulai pemungutan suara. Pukul 17:00 ditutup. Pukul 22.30 malam Mahathir sudah mengklaim kemenangan oposisi. Pukul 03.00 Mahathir sudah resmi mengumumkan kemenangannya. Pukul 05.00 KPU umumkan hasil Pemilu: Oposisi dapat 122 kursi, Barisan Nasional 79 kursi, Partai Islam PAS dapat 18 kursi dan independen 8 kursi. Beres: 222 kursi DPR terisi.

Pesisiran

Miskin Itu Sakit

Sungguh, jika boleh memilih pasti tidak akan ada yang memilih hadir di dunia ini dalam kondisi miskin. Sebab, miskin itu tidak enak. Miskin itu sakit. Tak jarang harapan dan cita-cita harus terkubur karena dalam keadaan miskin.  

Pesisiran

Menstruasi, Persepsi dan Literasi

Gara-gara menstruasi menimbulkan kegaduhan. Ya, beberapa grup whastapp (WA) yang saya ikuti ramai-ramai membahas menstruasi. Itu berawal dari soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) SD yang digelar Sabtu (5/5/2018) lalu.  

Hari Kartini di Jaman Millenial

Hari ini, 21 April adalah hari lahirnya Raden Ajeng Kartini. Sudah 139 tahun peristiwa kelahiran tersebut terjadi. Namun kelahiran beliau tersebut tetap dikenang dan diperingati di seantero negeri ini sebagai Hari Kartini.

Meneladani Kesuksesan Rasulullah dalam Berbisnis

Rasulullah adalah teladan kita. Kesuksesan beliau dapat kita pelajari. Karena menurut Rasulullah saw, perniagaan adalah salah satu pintu rizki yang menggiurkan. Beliau pun telah membuktikannya, bagaimana perniagaan dapat memberikan keuntungan yang fantastis. <br />Kita ketahuai bersama bahwa beliau merupakan pebisnis kaya yang mempunyai gaya tersendiri dalam menjalankan usahanya. Kira-kira apa rahasia kesuksesan yang diterapkan oleh Rasulullah?

Musrik Bisnis

Ternaknesia.com. Itulah start up yang dipilih Dalu Nuzulul Kirom. Idealisme membangun bekas lokalisasi Gang Dolly dia tinggalkan. Bidang baru ini memang kelihatan jauh dari gelarnya: insinyur tehnik elektro. Tapi idealisme di dadanya tetap menyala: ikut mencarikan solusi para peternak kita.

Mewujudkan Kelas Inklusi Yang Mandiri

Menjadi guru kelas di sebuah sekolah inklusi adalah tidak mudah. Karena dituntut kemampuan lebih dari guru, untuk dapat mengelola kelas sendirian tanpa ada guru pendamping atau shadow teacher. &nbsp;

Pesisiran

Mendadak Puitis dan Indonesia Bubar 2030

&lsquo;&rsquo;Yah, puisi Bu Sukmawati yang ramai di medsos itu di acara apa to?&rsquo;&rsquo; tanya istriku. &nbsp; &lsquo;&rsquo;O itu, di acara pagelaran busana milik Anne Avantie,&rsquo;&rsquo; jawabku. &nbsp;

Pesisiran

Bangsat!

''Bangsat ! Sudah bosan hidup kau rupanya !'' &nbsp; Begitu umpatan seorang perampok yang terganggu kesenangannya ketika menggoda perawan desa.&nbsp; &nbsp;