Skip to main content

Category : Kolom


Pesisiran

UNBK, Kejujuran dan Mutu Pendidikan

Tahun lalu, di ruangan Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Tuban terjadi diskusi yang hangat. Bupati Tuban Fathul Huda sangat serius berharap mutu dunia pendidikan di Bumi Wali meningkat. Prestasi anak didik cemerlang dan membanggakan.  

Revitalisasi Perpustakaan Sekolah

Sudahkah perpustakaan sekolah kita optimal? Untuk menilainya, tentu kita harus melihat secara nyata keberadaan perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana prasarana pendukung pembelajaran dan penguatan literasi. Karena jangan sampai, keberadaan perpustakaan sekolah mati suri, yakni hanya dibangun fisiknya sedangkan dalamnya sepi aktifitas literasi.

Pesisiran

Wis Wayahe Kabeh Seduluran

‘’Kabeh sedulur cah...kabeh makmur’’   Begitu salah seorang kawan berkomentar atas komentar kawan yang lain.   ‘’Sing makmur, yo sing anggep dulur tok, sing ora dianggep dulur yo ora makmur,’’ sela kawan lainnya protes.  

Pesisiran

Sikap Kritis dan Senyum Sinis

‘’Berikan aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncang dunia’’ Begitu tulis salah satu kawan facebook saya menyitir kata-kata Bung Karno. Dia juga mengunggah foto dia sendiri yang memakai seragam sebuah parpol.   

Pesisiran

Selamat Datang BNN

‘’Kotamu parah!’’ Begitu kesimpulan sebuah tim khusus dari pasukan Baret Merah’ yang diturunkan di Tuban. Kata-kata itu, ditujukan pada pasukan ‘Baret Merah’ lainya yang kebetulan berasal dari Tuban. Hanya, dia tidak masuk dalam tim yang turun ke Bumi Wali itu.  

Catatan Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2018

Membuka Tabir Ibu Kehidupan

Tanpa wanita takkan ada bangsa manusia. Tanpa bangsa manusia takkan ada yang memuji kebesaranMu. Semua puji-pujian untukMu dimungkinkan hanya oleh titik darah, keringat dan erangan kesakitan wanita yang sobek bagian badannya karena melahirkan kehidupan (Pramoedya Ananta Toer, Jejak Langkah). Kutipan Pramoedya tersebut meneguhkan kemuliaan perempuan dalam aspek fundamental kemanusiaan dan peradaban, yaitu ibu dari kehidupan.

Catatan Dahlan Iskan (8)

Lain Surabaya, Lain Bandung

Bila di Surabaya baru muncul Migo, di Bandung sebenarnya sudah lebih dulu ada Banopolis. Sama-sama persewaan sepeda, tapi sejarahnya berbeda.

Pesisiran

Ngobrol Imajiner Bersama Bung Karno

Kumandang azan magrib terdengar ketika kaki kami baru menginjak pelataran makam Bung Karno. Ya, di senja yang basah itu kami berempat, saya sendiri, GM blokTuban.com Edy Purnomo, Pimred blokBojonegoro.com M. Yazid dan editor Parto Sasmito sowan Sang Proklamator Republik Indonesia tersebut.  

Pesisiran

Belajar Ikhlas

‘’Pak... kapan dilantik,’’ gurau salah satu anggota grup sebuah komunitas yang saya ikuti. Entah serius atau tidak pertanyaan itu. Namun, beberapakali bersua dalam suatu kesempatan, kawan-kawan selalu ‘nggojloki’ yang disebut Pak... tersebut.  

Pesisiran

Pemimpin

<p class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;"><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-bidi-font-family: Calibri; mso-bidi-theme-font: minor-latin;">Minggu lalu, saya &lsquo;<em style="mso-bidi-font-style: normal;">nunut</em>&rsquo; mobil salah satu kawan. Dia menyetir, dan saya duduk di bangku sampingnya. Obrolan panjang terus mengalir selama perjalanan. </span>