Skip to main content

Category : Kolom


Catatan Dahlan Iskan (6)

Ketemu Audry yang Tidak Bisa Tidur

Saya dapat kabar Audry lagi di Singapura. Gadis Surabaya yang genius. Dan pernah saya tulis panjang lebar.<br /><br />Kebetulan saya juga lagi di Singapura. Baru keluar dari rumah sakit. Tapi belum boleh pulang. Masih harus kontrol ke dokter lagi.

Catatan Dahlan Iskan (5)

Tahun Disayang Tuhan

Inilah hasil evaluasi saya tentang tahun 2017: Tuhan sangat sayang kita. Sayang Indonesia. Apa tandanya?

Rekayasa Pakan Ternak Kaya Nutrisi bagi Peternak Hewan Ruminansia Kecil

Peternakan hewan jenis ruminansia atau hewan pemamah biak di Indonesia kerap dihadapkan pada sejumlah problematika. Persoalan tersebut salah satunya terkait dengan kondisi iklim Indonesia yang notabene termasuk negara tropis. Hal yang cukup krusial yang kerap menjadi problem bagi para peternak adalah ketersediaan pakan ternak berupa pakan hijauan yang tidak selalu kontinyu dan tersedia setiap waktu. Kondisi tersebut bisa menjadi lebih parah saat musim kemarau tiba. Ketersediaan bahan pakan hijauan bagi ternak pun menjadi sangat sulit didapatkan. Selain itu, penggunaan pakan hijauan tidak sepenuhnya menjadi hal baik bagi kesehatan ternak karena mampu mengakibatkan produksi gas berlebihan.

Catatan Dahlan Iskan (4)

Kreasi Baru di Ruang Tunggu

Sudah lama saya menanti kreasi seperti ini. Baru akhir tahun 2017 saya temukan: hotel di ruang tunggu bandara.<br /><br />Desainnya cantik. Seperti kapsul. Tapi cukup longgar untuk tidur seorang diri.

Catatan Dahlan Iskan (3)

Indonesia Emas, Siapa Tahu?

Tolonglah saya. Bantu berikan pencerahan kepada saya: siapa yang pertama kali mencetuskan istilah 'Indonesia Emas 2045'? Kalau lembaga, lembaga yang mana? Kalau perorangan, siapa?

Catatan Dahlan Iskan (2)

Angka Yang Jadi Sumber Kebencian

Angka siapakah yang bisa dipakai pegangan? 7,5 juta? 40.000?. Tentu ini tentang reuni 212. Khususnya tentang berapa orang sebenarnya yang berkumpul di Monas Jakarta hari Sabtu, (2/12/2017) lalu.

Catatan Dahlan Iskan (1)

Harapan Baru Pada Song For Pride

<br />Peristiwa Persebaya lawan PSMS Medan ini sudah 25 tahun berlalu. Tapi tidak pernah hilang dari ingatan. Begitu menggoyahkan jiwa. Persebaya saat itu kalah sejak tendangan pertama dilakukan. Ada serangan mental yang membuat down pemain: berkumandangnya lagu Sing Sing So. Yang sangat masif. Dari suporter PSMS yang mendominasi stadion Gelora Bung Karno.

Menampar Khayalan Jadi Penulis

RUH-menulis tak akan dimiliki kecuali bagi orang yang rajin menulis. Ukuran rajin itu, seorang penulis bisa menentukan sendiri kapan ia harus menulis, baik terjadwal atau tidak. Karena, menulis akan menjadi habit (kebiasaan) yang meningkat manakala itu dilakukan secara konsisten (ajeg). Dengan konsistensi yang terjaga, Winarno dalam bukunya, &lsquo;Kiat Sukses Menjadi penulis: Menjadi Profesional Berdaya Saing Tinggi&rsquo; (2012:39) pun menyebut akan mengantarkan menjadi penulis handal. Pertanyaannya, apakah para penulis yang belajar menulis sudah meluangkan waktu sehari, dua hari, dst., untuk membiasakan menulis?

Menimbang Duta Pelajar NU

Pemilihan Duta Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Bojonegoro, mulai 12 November hingga 3 Desember 2017, sebagaimana blokBojonegoro.com (13/11/2017) memberitakan, patut diapresiasi. Ada geliat untuk memperkenalkan NU kepada pelajar melalui personal approach pelajar. Yakni, pelajar yang cakap tidak hanya secara fisik an sich, namun berbalut kecerdasan intelektual dan spiritual yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah.