Skip to main content

Category : Kolom


Menelisik Hilal Syawal 1440H

Ramadan sudah hampir meninggalkan kita, tak terasa hari raya segera menyapa. Salah satu pertanyaan yang kerap terdengar di telinga kita, “Kapan kita akan berhari raya?” Pertanyaan “Apakah kita berhari raya bebarengan, terjadi perbedaan atau tidak?” pun kerap muncul di tengah-tengah masyarakat kita.

Pesisiran

Catatan Pileg 2019: Maaf, Visi Misi Anda (Belum) Laku

‘’Uang mengalahkan seduluran, ngalahno kekancan. Senajan seteng, seduluran sing wis suwe ambyar,’’ kata kawanku, seorang caleg yang gagal meraih kursi DPRD.

Pesisiran

Membangun Narasi Positif dan Menebar Optimisme

CERITA semakin seru. Adegan demi adegan silih berganti. Dan cerita tentang Pemilu Raya ini masih sangat menarik. Dan, saya kembali tergelitik untuk menulis. Maafkan saya tak bisa menahan diri hehehe...

Pesisiran

Penyelenggara, Lembaga Survei dan Hasil Pemilu

Drama belum berakhir. Ibarat kisah sinetron, penonton masih dibuat harap-harap cemas,. Sport jantung, dag dig dug tak karuan. Jika sebuah film atau sinetron, jika begini keadaannya, maka sutradaranya berhasil.

Sistem Sainte Legue, Siapa yang Diuntungkan?

Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah selesai dilaksanakan secara serentak di Indoensia pada hari rabu 17 April 2019, sebentar lagi akan dilaksnakan rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK dan KPU, yang patut ditunggu adalah perubahan sistem penghitungan perolehan suara ke kursi legeslatif, dari metode Kuota Here atau BPP (Bilangan Pembagi Pemilih) menjadi Sainte Legue (Murni), siapa yang lebih diuntungkan dengan sistem baru ini.....?

Pesisiran

Mari Berdamai dengan Keadaan

‘‘Sudahkah Anda nyinyir hari ini?’’ Saya belum. Dan saya tidak akan nyinyir. Karena saya sudah bertekad untuk tidak nyinyir di media sosial, sebagaimana banyak orang melakukannya.

Pesisiran

Berdialog Dengan Hati

"Jokowi sudah dipilih alam. Dia yang akan memimpin negeri ini, meski nanti banyak darah yang menetes" begitulah pesan ghaib atau wisik yang diterima dulur-dulur para pelaku dan ahli lelaku tirakat, atau lebih tepatnya guru-guru saya. Saya anggap guru karena dari mereka saya belajar untuk memaknai hidup yang tidak sekadar hidup.

Mendidik dengan Rutinitas dan Keteladanan

Sebagai orang tua kedua bagi murid di sekolah, kami tentu mempunyai peranan besar dalam memberikan bekal ilmu dan bimbingan terstruktur. Terlebih lagi, kami dinilai sebagai sosok yang berpendidikan yang diharapkan mampu mendidik anak bangsa untuk masa depan. Karakter bangsa sangat ditentukan oleh peran guru dalam kedisiplinan mendidik. Mulai dari hal sederhana yang berdampak signifikan bagi karakter siswa.

Pesisiran

HIV/AIDS, ODHA dan Sikap Sinis (sebagian) Masyarakat

Selamat Hari AIDS se Dunia !!! Suatu saat ketika saya masih aktif liputan, saya mendapat informasi ada seorang pasien kurang mampu dirawat di sebuah rumah sakit milik pemerintah. Saya pun bergegas mendatangi. Pikiran saya simpel saat itu, mendapat berita dan bisa menolong.