Skip to main content

Category : Kolom


Intoleransi Agama dan Solusinya

Belakangan ini, masyarakat Indonesia tengah mengahadapi perbincangan nasional tentang hubungan agama dengan negara yang cukup hangat.

Menanti Gebrakan IT Kejaksaan (3)

Prioritaskan Vicon Sampai Kejari

Video conference (Vicon) adalah sarana efektif komunikasi pimpinan dengan jajaran di daerah. Di Kejaksaan, Vicon baru bisa menghubungkan Kejagung dengan Kejati. Untuk para Kajari, bila ada Vicon harus "ngumpul" di Kejati. Ini jadi kurang efektif. Saatnya diubah. Vicon harus sampai Kejari. Bisakah?

Menanti Gebrakan IT Kejaksaan (2)

Entri Data: Dipaksa Dulu, Budaya Kemudian

Masalah kurang entri data di sistem informasi Kejaksaan sudah lama terjadi. Ada tips mujarab, agar dikasih "minum" obat cap "paksa" seperti di Mahkamah Agung. Pasti ces pleng. Pimpinan setuju?

Menanti Gebrakan IT Kejaksaan (1)

Entri Data Kejaksaan, Perlukah di Paksa?

Jumat (27/12/2019), saya dilantik menjadi Kepala Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi di Kejaksaan Agung (Kejagung). Sengaja saya menantang diri saya sendiri, mampukah saya membuat gebrakan dan lompatan IT di Kejagung?

Tak Hanya Tingkat Stres Hewan Kurban yang Pengaruhi Kualitas Daging

Beberapa hari ke depan, dapat dipastikan konsumsi masyarakat akan daging sapi, kambing atau domba meningkat, dari hari-hari biasanya, karena bertepatan dengan perayaan qurban atau hari raya Idul Adha. Di waktu-waktu itu juga banyak tips-tips yang beredar di media mengenai bagaimana memasak daging agar tidak keras atau alot, empuk, lembut dan pastinya lezat.

‘Sesat Pikir’ atas Media Siber

Pagi sangat cerah, seperti hari-hari sebelumnya. Tapi saat tengah menikmati kopi panas, beberapa pesan masuk berantai dengan disertai gambar tulisan pemimpin koran lokal.

Pesisiran

Kenapa Harus Dibahas di Luar Kota ?

ITULAH bahan rasan-rasan yang menjadi topik menarik sejak minggu kedua Juli kemarin. Dan, soal pembahasan di luar kota itu, nampaknya masih hangat untuk dibahas sampai akhir bulan. Sebab, pembahasan di luar kota itu masih akan dilakukan sampai akhir bulan ini.

Pesisiran

Zonasi, Gengsi dan Sekolah Favorit

‘’Iki piye pendaftaran zonasi kok ribete ngene. Anakku ape mlebu SD kangelan golek sekolahan,’’ (ini bagaimana pendaftaran dengan sistem zonasi kok ribetnya kayak gini. Anak saya mau masuk SD kesulitan mencari sekolahan).

Pesisiran

Bumbu Garing dan Basa Basi

APA menu favorit Anda saat Lebaran? Pasti bermacam-macam. Ketupat atau lontong opor. Sambel goreng ati, rendang daging atau kentang balado. Ah itu mah biasa. Yang dari daerah pasti tak sedikit yang mengabsen makanan khas daerahnya.