Skip to main content

Category : Kolom


Pesisiran

Ada Harapan Setelah Pandemi Berlalu

Selasa 5 Mei 2020 malam lalu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berdialog interaktif secara online bersama 100 pemimpin media di Indonesia. Kebanyakan adalah pemimpin media siber. Saya ikut dalam dialog dengan narasumber tunggal Bu Gubernur tersebut.

Pesisiran

*Wawancara Imajiner dengan Didi Kempot

Aku tertegun pagi itu. Berita meninggalnya Didi Prasetyo alias Didi Kempot begitu mengagetkan. The Godfather of Brokenheart begitu julukannya. Lord Didi begitu Sobat Ambyar memanggil penyanyi nyentrik ini.

Peran "Kartini" di Tengah Pandemi Covid-19

Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai hari Kartini yang merupakan hari bangkitnya emansipasi perempuan. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kaum perempuan turut berperan aktif dan sangat penting untuk mencegah penyebaran virus ini.

Pandemi dan Arah Pendidikan Nasional Kita

Saat ini, dunia masih ramai soal wabah Virus Corona atau Covid-19, tak terkecuali Indonesia. Dalam tiga bulan terakhir, lebih dari 1,3 juta orang di seluruh dunia terinfeksi Corona. Para dokter dan tenaga medis pun tak luput dari infeksi Corona.

Penyebar Video CCTV Runtuhnya Patung Kwan Sing Tee Koen Minta Maaf

Redaksi media online blokTuban.com mendapat permintaan untuk memuat permintaan maaf atas tersebarnya video rekaman CCTV runtuhnya patung Kwan Sing Tee Koen di TITD Kwan Sing Bio Tuban. Berikut surat permohonan maaf yang diterima redaksi pada Jumat, 17 April 2020, malam.

Pesisiran

Negeri Ini Tak Bakal Runtuh

SELALU ada hikmah dari setiap kejadian. Dari setiap peristiwa. Saya memulai tulisan saya dengan kata-kata klise tersebut. Biarlah, karena memang begitu adanya. Setidaknya kata-kata itu masih membuat iman kita pada Tuhan Pencipta Alam Semesta tak lepas.

Posisi Hilal Awal Ramadan 1441 H

Sebentar lagi bulan ramadan akan datang menyapa. Entah akan seperti ramadan-ramadan sebelumnya yang diwarnai dengan suka cita dan penuh penantian akan ada momen-momen khas seperti kebiasaan ramadan pada tahun-tahun sebelumnya. Akan ada buka bersama, takjil gratis, pesantren kilatan, safari tarawih, ngabuburit, tadarus quran di masjid-masjid dan musola-musola, serta kebiasaan ramadan pada umumnya, atau mungkin akan ada yang berbeda?

Orbituari

Selamat Jalan, Pak Armin...

Siang itu, Sabtu, 4 April 2020 pukul 15.30 WIB datang kabar yang menyesakkan: "Pak Arminsyah, Wakil Jaksa Agung meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di tol Jagorawi KM 13 Cibubur, Jakarta".

Covid-19 dan Produktifitas Belajar Anak

Seiring dengan meluasnya penyebaran corona virus disease (Covid-19) di Indonesia, Presiden Joko Widodo, Minggu (15/3/2020), di Istana Bogor, Jawa Barat, mengimbau, seluruh wargat tidak panik dan tetap produktif. Sehingga, penyebaran virus bisa dihambat dan dihentikan. Jokowi juga menambah, dengan kondisi saat ini, saatnya kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah.

Pilkada: Upaya Meneguhkan Ruang Demokrasi

Proses yang baik akan melahirkan pemimpin yang baik" begitu ungkapan yang "mungkin" sering kita dengar dari beberapa orang juga berbagai sumber.