Pasca Lebaran, Stok Persediaan Kantong Darah di PMI Tuban Kritis

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

 

blokTuban.com - Pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi kemarin, stok persediaan darah dengan berbagai golongan di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban sedang kritis. 

 

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Humas UDD PMI Tuban, Sardju Effendi. Menurutnya, stok darah di Tuban saat ini sedang menurun.

 

"Iya memang benar, lebih tepatnya stok saat ini sedang menurun mbak," ujarnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Rabu (17/4/2024). 

 

Bahkan, Sardju sapaan akrabnya mengaku jika kritisnya persediaan darah ini bukan terjadi di Kabupaten Tuban saja, melainkan terjadi hampir di semua PMI yang ada. 

 

Adapun penyebabnya, lantaran pada saat bulan Ramadan, kegiatan petugas PMI menjadi berkurang dan terbatas, sehingga stok menjadi lebih menurun dibandingkan biasanya. 

 

"Selain itu juga pasca lebaran ini, belum ada instansi atau perusahaan-perusahaan yang mengadakan kegiatan atau event besar," bebernya. 

 

Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat, maka pihaknya telah menjadwalkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan donor darah di luar Kantor PMI Tuban. 

 

"Untuk jadwal kegiatan keluar, kami sudah ada beberapa yang sudah mulai masuk per hari Selasa kemarin," imbuhnya.[Sav/Dwi]