Nelayan Hilang di Perairan Tuban Ditemukan Meninggal Usai Pencarian Dua Hari

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pada hari Selasa, tanggal 16 April 2024, operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) di perairan Tambakboyo, Laut Utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur berhasil menemukan korban yang dilaporkan tenggelam. 

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, kronologi kejadian dimulai ketika Tim Piket BPBD Tuban menerima laporan dari Pol.Air Polres Tuban pada Senin, tanggal 15 April 2024, bahwa seorang nelayan tradisional, Tamto (45), dari Desa Pulogede, Kecamatan Tambakboyo, hilang setelah perahunya ditemukan kosong di laut utara Desa Gadon. 

Tamto berangkat sendirian pada Minggu, tanggal 14 April 2024, pukul 21.00 WIB untuk mencari rajungan.

Tim SAR gabungan melakukan pencarian, dan pada hari kedua, korban ditemukan tidak jauh dari lokasi kejadian, sekitar 3 kilometer dari bibir pantai desa Gadon. 

Sayangnya, saat ditemukan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. Pelapor kejadian adalah AKP Tomy dari Pol Air Polres Tuban. 

Tim BPBD Tuban, bersama dengan tim SAR lainnya, terlibat dalam operasi penyelamatan tersebut.

Jenazah korban kemudian dibawa menggunakan ambulance PMI Tuban menuju RS Dokter Koesma Tuban untuk dilakukan otopsi sebelum diserahkan kepada keluarga untuk proses pemakaman.

Unsur yang terlibat dalam operasi SAR ini meliputi Tim BPBD Tuban, Tim Polres Tuban, Kapolsek Tambakboyo beserta anggota, Tim Koramil Tambakboyo, Perangkat Desa Pulogede, Tim Relawan Tuban, Tim Rukun Nelayan Tambakboyo, Tim PMI Tuban, Tim SAR MTA, Tim SAR MAHIPAL TUBAN, dan relawan lainnya.

Koordinat kejadian dan koordinat penemuan korban adalah Latitude: -6,7596 S dan Longitude: 111,8667 E. Sedangkan koordinat penemuan korban 06°45′36.14″S 111°49′33.06″ E. [Dwi/Ali]