Kabel Rusak Sebabkan Dua Trafo Listrik di Kabupaten Tuban Terbakar

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Tuban pada Selasa (26/12/2023) kemarin membuat  dua Travo listrik terbakar. 

Dua trafo yang terbakar paska hujan, berada di Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding, sekitar pukul 17.00 WIB, dan di Desa Tlogowaru Kecamatan Merakurak sekitar pukul 20.00 WIB. 

Menurut Manager Unit Layanan Pengadaan (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kabupaten Tuban, Agus Riyadi, terbakarnya trafo listrik tersebut disebabkan oleh adanya kabel yang rusak dan ada beberapa faktor penyebabnya. 

“Faktornya banyak, bisa hujan atau tersambar petir, sehingga titik sambungan putus,” ujar Agus Riyadi, Rabu (27/12/2023). 

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Agus ini mengatakan jika saat ini trafo yang terbakar tersebut sudah di perbaiki dan berfungsi seperti sebelumnya. Dan untunnya dalam kejadian ini tak sampai menimbulkan korban.

“Sudah kita perbaiki dan berfungsi seperti sebelumnya,” imbuhnya. 

Selain itu Agus juga menghimbau kepada masyarakat agar menghindari beraktifitas di dekat trafo demi keamanan. 

Serta, segera  infokan jika ada ledakan atau percikan api atau asap di gardu, bisa lewat Aplikasi PLN Mobile/ Call Center 0356-123, agar segera diamankan. 

“Tim kami selalu melakukan inspeksi cek rutin titki sambung trafo, dan perbaikan grounding pentanahan yang banyak dipotong orang tak bertanggung jawab,”  pungkasnya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS