Angin Puting Beliung Sering Terjang 4 Kecamatan Ini, BMKG Tuban Minta Warga Waspada

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban menyebut terdapat beberapa daerah di Bumi Ronggolawe rawan terjadi angin puting beliung

Menurut Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma jima sebenarnya sampai saat ini kejadian puting beliung masih sulit diperkirakan dan dideteksi. 

Kondisi ini, lantaran kejadian puting beliung bersifat lokal dan kejadiannya terjadi dalam waktu yang tergolong sangat singkat. 

"Untuk kejadian puting beliung sebenarnya masih sangat sulit diprakirakan dan dideteksi karena bersifat lokal dan kejadiannya dalam waktu yang singkat yaitu kurang lebih berdurasi 5 menitan," katanya kepada blokTuban.com, Selasa (5/12/2023). 

Selain itu, Zem sapaan akrabnya juga menyampaikan jika masyarakat masih sulit untuk membedakan antara kejadian angin kencang dengan Angin puting beliung, sehingga masih sulit dibedakan. 

"Biasanya masyarakat masih sering sulit membedakan antara angin kencang dengan angin puting beliung, sehingga sering kali melaporkan kejadian puting beliung padahal yg terjadi adalah angin kencang," jelasnya. 

Kendati demikian, berdasarkan laporan yang diterima oleh BMKG Tuban dengan rentang waktu tahun 2018 sampai 2023 ini, terdapat kejadian angin puting beliung di Kecamatan Tambakboyo, Bancar, Soko dan juga Kecamatan Rengel.

Oleh karena itu, diminta agar masyarakat yang tinggal di empat wilayah tersebut selalu waspada, terhadap potensi terjadinya angin puting beliung. [Sav/Ali]