Harga Bawang Merah Meroket, Puncak Panen Bulan Depan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Harga bawang merah di Tuban belakangan ini cukup tinggi. Harga komoditas bumbu dapur ini dijual di pasar dengan harga mencapai Rp33.000 per kilogramnya.

Kenaikan harga bawang merah diduga karena minimnya stok. Sebab, hasil panen sebelumnya mulai berkurang.

Sementara itu, pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban ketika dikonfirmasi mengenai jumlam luasan lahan tanam di Tuban menyebutkan, luas tanam  sampai bulan Maret totalnya 33 hektar (Ha). Sedangkan bulan April ada tanaman seluas 10,15 Ha.

"Sementara panen bulan April baru 10 Ha, dengan capaian produksi sekitar 70 ton," terang Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji secara rinci, Kamis (19/4/2018).

Ditambahkan mantan Camat Bancar itu, rencana puncak panen di bulan Mei mendatang yang mencapai 23 Ha. Perkiraan produksi yang akan dihasilkan dari tanaman komoditas bumbu dapur ini mencapai 161 ton.

Selain itu, pada bulan Juni juga akan panen 10,15 Ha, dengan perkiraan produksi 71 ton. Itu artinya, setiap satu hektare lahan bawang merah akan mecapai produksi rata-rata 7 ton. "Semoga setelah panen, harga bisa stabil," pungkas Murtadji menandaskan. [rof/col]