Stok Berkurang, Diduga Pemicu Naiknya Harga Bawang Merah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Harga bawang merah di Kabupaten Tuban beberapa pekan ini mengalami kenaikan. Harga tertinggi bawang merah di beberapa pasar tradisional di kota seribu goa ini mencapai Rp33 ribu.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, di pasar baru Tuban harga bawang merah mencapai Rp30 ribu. Di pasar Jatirogo, harga komuditas bumbu dapur ini dijual dengan harga Rp28,5 ribu. Sedangkan di pasar Bangilan harga bawang merah mencapai Rp33 ribu per kilogramnya.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya ketika dimintai keterangan terkait hal ini menuturkan, penyebab naiknya harga bawang merah dipengaruhi oleh minimnya suplai barang. Sebab masa panen masih lama.

"Naiknya harga bawang merah ini diperkirakan karena suplai. Jika 3-4 bulan lalu pas panen raya kecenderungan harga turun," kata Agus, saat diwawancarai blokTuban.com, Rabu (18/4/2018).

Ditegaskan mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Media Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Tuban itu, saat ini masa panen masih lama. Sehingga stok atau suplai dari panen kemarin terus berkurang.

"Karena itulah jumlahnya pun terbatas," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]