Melon dan Blewah di Plumpang Diprediksi Panen Ketika Bulan Puasa

Reporter‎: M. Anang Febri

blokTuban.com - Mayoritas petani di Kecamatan Plumang yang beralih tanaman padi ke tanaman buah-buahan segar, seperti melon dan blewah yang mereka tanam usai panen padi beberapa bulan lalu, diprediksi akan panen di tengah waktu bulan Puasa Ramadan pada pertengahan Mei nanti.

Kedua tanaman yang memiliki banyak kadar a‎ir tersebut, sudah terhitung sekitar dua hingga empat minggu ditanam pada lahan yang sebelumnya ditanami padi.

"Ini tanam buah blewah, sudah berumur empat minguan sejak ditanam menggantikan tanaman padi bulan lalu," terang petani asal Dusun Ngareng, Desa Jatimulyo, Suwanto saat dijumpai blokTuban.com di lahan pertanian desa setempat, Minggu (15/4/2018).

Untuk bisa menikmati hasil panen buah blewah, lanjut Suwanto, dia harus merawat sambil menunggu tanamannya sekitar usia 50 hari. Tinggal menghitung hari, apapun keadaan musimnya, baik hujan ataupun tidak, sudah dipastikan panen akan dilakukan saat memasuki bulan suci Ramadan nanti.

"Menetapi awal bulan puasa, blewah-blewah milik petani di sekitar sini pasti sudah panen," tambah Suwanto sembari memasang pagar plastik untuk melindungi tanamannya dari serangan hama tikus.

Terpisah di tempat dan desa berbeda, tepatnya di Desa Magersari‎. Petani buah Melon juga mengatakan hal serupa. Bedanya, jika buah blewah akan bisa dipanen sekitar 50 hari usai masa tanam, buah Melon memiliki siklus panen yang terbilang lama. Sebab, untuk dapat menuai hasil tanam Melon, petani harus menunggu 65 sampai 70 hari untuk masa panen.

"‎Ini baru tanam melon sekitar dua puluh hari. Untuk masa panen, maksimal tujuh puluh hari. Jadi, pas bulan puasa sudah bisa dirasakan hasilnya," ungkap Kaeran, petani di Dusun Geger-Magersari. [feb/ito]