Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Geografi Kabupaten Tuban yang terbentang di wilayah dataran rendah hingga pegunungan menjadikannya masuk kategori tanah kering. Sebab itu, sistem irigasi perlu dilakukan perbaikan melalui perbaikan Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA).

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, secara keseluruhan wilayah Kabupaten Tuban ada pada kriteria kering, yakni pada musim hujan termasuk curah hujan tipe F artinya kering sekali. Utamanya wilayah pegunungan yang meliputi  Kecamatan Kenduruan, Kerek, Montong, Semanding dan Tuban Kota kesulitan air saat kemarau.

"Namun, untuk wilayah bantaran sungai Bengawan Solo sudah ada persediaan air saat musim kemarau. Sehingga saat kemarau mereka bisa dibantu melalui HIPPA," kata Noor Nahar.

Seperti diketahui, di Kabupaten Tuban terdapat 13 jumlah desa dengan potensi perluasan layanan irigasi. Sementara komunitas atau organisasi HIPPA baru terdapat 9 kelompok dengan area potensial yakni 715 hektar.

“Sistem pengairan yang membaik, ketersediaan air untuk pertanian akan terjamin. Sebab, beberapa daerah kering ketersediaan air menjadi faktor penentu,” imbuhbya. [dwi/col]