Reog Ponorogo, Hibur Masyarakat Grabagan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - 100 anggota seniman Reog Ponorogo sekarisiden Madiun, Minggu (29/5/2016) siang ini menghibur masyarakat Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Kedatangan para seniman reog di Kecamatan Grabagan tepatnya di Lapangan Grabagan ini dalam rangka tour Parade Reog se-Jawa Timur yang sebelumnya telah diselenggarakan pementasan di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

"Pertunjukan parade reog ini bertujuan untuk mengenalkan budaya kesenian reog kepada masyarakat Jawa Timur, bahwa kesenian reog ini adalah kesenian asli indonesia," ujar wakil ketua panitia kegiatan, Bagus kepada blokTuban.com.

Selain itu acara ini juga merupakan salah satu langkah untuk melestarikan budaya dan mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat dengan kesenian yang terlahir dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur tersebut.

Pada parade kali ini terdapat kurang lebih 100 seniman reog. Sedangkan untuk peralatan atau perlengkapan para seniman membawa delapan dadak merak dan empat barong sai.

"Pertunjukannya sejak pukul 13.00 WIB hingga selesai, dan untuk tiket masuk panitia membandrol Rp10.000 untuk orang dewasa beserta anaknya," tambah Bagus.

Dalam pementasanya, para seniman ini menyuguhkan berbagai atraksi di antaranya, Merak Tarung, Atraksi Bujang Ganong, Seni Jaranan, Panjat Bambu, dan Barong Sai. [hud/col]