Tumpukan Sampah, Sertai Liburan Pantai

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Potensi tempat rekreasi dan wisata pantai di Tuban dicemari dengan banyaknya tumpukan sampah.

Tumpukan sampah, tampak terlihat di pantai yang ada di Jalan Re Martadinata, Kelurahan Karangsari, dan juga pantai di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Sampah yang berbaur dengan pengunjung ini tampak mengganggu panorama pantai.

Informasinya, sampah ini berasal dari sungai yang bermuara ke laut. Kemudian terhempas ombak dan kembali ke pantai. Selain itu, tampak juga kesadaran warga tentang kebersihan sangat minim. Banyak yang terlihat membuang sampah bekas pembungkus makanan begitu saja.

"Pengunjung juga banyak yang membuang sampah sembarangan," terang pengunjung, Adisty (27), warga Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, ketika berada di Pantai Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Sabtu (2/1/2015).

Padahal, beberapa kali komunitas yang ada di Kabupaten Tuban juga sering melakukan acara bersih pantai. Hanya saja, tidak berapa lama kemudian sampah kembali menumpuk di pantai ini.

"Sudah sering ada komunitas juga pelajar membersihkan pantai ini, tapi setelah bersih ya kembali kotor lagi pantainya," jelas salah satu warga, Winarno, menjelaskan. [pur/ito]